Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 bagi Kader Pendata Kota Malang

Dinsos P3AP2KB – Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang selaku OPD KB telah melaksanakan Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga tahun 2022 bagi kader pendata se-kota Malang pada 5 September hingga 13 September 2022 di Ruang Arjuna Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang. Kegiatan ini sebagai bentuk pelatihan serta petunjuk teknis mengenai tata cara bagi kader pendata untuk memutakhiran Data Keluarga tahun 2022 yang akan berlangsung tanggal 15 September 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022.

Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 adalah kegiatan untuk memutakhirkan Data Keluarga Indonesia dengan cara melengkapi, memperbaiki, memperbaharui, mencatat mutasi dan mendata keluarga baru yang belum ada dalam Basis Data Keluarga Indonesia melalui kunjungan rumah ke rumah dengan cara mewawancara dan atau mengobservasi kepala keluarga, yang dilakukan secara serentak pada waktu yang telah ditentukan.

Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 ini berkaitan dengan Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim, adapun faktor yang mempengaruhi keterkaitan Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 dengan PPKE antara lain :

  • Upaya PPKE membutuhkan data yang akurat dan terkini untuk menetapkan sasaran program intervensi.
  • DTKS yang merupakan data dasar kepesertaan program bantuan sosial tidak lagi memiliki informasi ranking kesejahteraan dan karkaterisitik sosial-ekonomi rumah tangga sehingg merupakan tantangan tersendiri untuk digunakan sebagai data sasaran kemiskinan ekstrim.
  • Data Pendataan Keluarga (PK) BKKBN 2021 merupakan data set by name- by address yang memiliki informasi karakteristik sosial-ekonomi keluaraga yang dapat digunakan sebagai alternatif pengemabnagan peringkat kesejahteraan sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelompok miskin ekstrim.
  • Memperhatikan arahan Presiden dan masikan Wakil Presiden pada Ratas Data Kemiskinan Ekstrim pada 15 Februari 2022, serta sesuai kesepakatan pada rapat koordinasi harmonisasi data pensasaran PPKE sebelumnya, telah dilakukan penyiapan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sebagai bentuk kolaborasi antara Kemenko PMK, BKKBN, Kemendagri, BPS, dan TNP2K.
  • Data P3KE adalah subset dari Data PK-BKKBN 2021 yang telah diberikan ranking dan divalidasi dengan Data Nomor Induk Kependudukan.

Dengan dilaksanakannya Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022 bagi kader ini, diharapkan mampu memperbaharui data pada tahun sebelumnya agar lebih lengkap dan berkualitas untuk menunjang Pemerintah dalam menentukan arah kebijakan sesuai kondisi lapangan yang ada.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.