Kota Malang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021

Dinas Sosial P3AP2KB – Kota Malang berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia. Kegiatan dilaksanakan secara live streaming diruang kerja Walikota Malang pada hari ini Rabu tanggal 13/10/2021. Tahun 2020 merupakan kali pertama Kota Malang mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Kemen PPPA dan menerima Penghargaan Kategori Pratama.

Kemen PPPA memberikan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kepada 13 Kementerian/Lembaga (K/L), 29 Provinsi, dan 266 Kabupaten/Kota sebagai bentuk apresiasi kepada K/L dan Pemerintah Daerah yang telah peduli dan berkomitmen, serta berhasil mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) di dalam program dan kegiatannya. Penghargaan APE 2020 yang sedianya dilaksanakan pada 2020, mengalami perubahan jadwal dan dilaksanakan pada 2021 akibat pandemi Covid-19.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG), maka Kemen PPPA menyampaikan penghargaan sejak tahun 2004 yang disebut Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Tiga Kategori Penerima APE :
1. Tingkat Pratama ( Pemula )
2. Tingkat Madya ( Pengembangan )
3. Tingkat Utama (Peletakan Dasar dan Keberlanjutan)
4. Tingkat Mentor

Berbagai upaya akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Sosial P3AP2KB untuk menguatkan terwujudnya kesetaraan gender, termasuk mendorong keterlibatan masyarakat dan juga sinergitas antar OPD di Kota Malang. Dengan dukungan pengarusutamaan gender yang dilakukan pemerintah Kota Malang, semoga tahun selanjutnya implementasinya dapat meningkatkan kualitas perempuan dalam pembangunan daerah dan Kota Malang bisa meraih penghargaan kembali.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.