PELAYANAN SOSIAL BAYI / BALITA TERLANTAR

PELAYANAN SOSIAL BAYI / BALITA TERLANTAR

1. SYARAT UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN
a. Bayi / Anak yang dilantarkan
b. Bayi / Anak
c. Tidak sedang dalam proses hukum ( surat keterangan dari Kepolisian setempat )
d. Foto copy identitas pelapor
e. Pengisian form pengaduan
f. Survey bayi yang dilaporkan terlantar

2. JAM BUKA PELAYANAN
a. Senin s.d Kamis : 08.00 wib s.d 16.00 wib
b. Jumat : 07.30 wib s.d 15.00 wib
Istirahat sholat Jum’at : 11.30 wib s.d 13.00 wib

3. DURASI WAKTU PENYELESAIAN PELAYANAN
a. Pelayanan di loket : maksimal 10 menit
b. Pelayanan di petugas identifikasi : maksimal 60 menit
c. Survey bayi / anak terlantar : menyesuaikan kondisi lapangan

4. BIAYA / TARIF PELAYANAN SOSIAL DI DINAS SOSIAL
Tidak ada biaya / GRATIS

5. ALUR PENANGANAN BAYI TERLANTAR
a. Warga masyarakat selaku pelapor datang ke loket pengaduan
b. Penyerahan kartu identitas pelapor dan surat keterangan adanya bayi / anak terlantar
c. Pengisian form pengaduan
d. Petugas dari Dinas Sosial Kota Malang melakukan survey
e. Rujukan bayi / anak terlantar ke fasilitas kesehatan ( RSSA, RST, Puskesmas yang ada pelayanan rawat inap )
f. Surat permohonan pelayanan sosial lanjutan untuk bayi / anak terlantar dari Dinas Sosial Kota Malang ke UPT PSAB ( Panti Sosial Asuhan Balita ) milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo
g. Evakuasi bayi / anak terlantar oleh petugas dari UPT PSAB ke Panti Sosial Asuhan Balita, sambil menunggu calon orang tua yang akan mengadopsi (sesuai prosedur)

6. HAK PENGGUNA LAYANAN
a. Penerimaan oleh petugas sesuai prosedur sebagai pelapor
b. Mendapatkan informasi tentang tugas dan fungsi Dinas Sosial dalam penanganan Bayi / Anak terlantar
c. Mendapatkan pelayanan tentang tindak lanjut / penanganan bayi terlantar
d. Mendapatkan kepastian informasi bahwa bayi yang dilaporkan akan terjamin kesejahteraannya

7. KEWAJIBAN PENGGUNA LAYANAN
a. Menyerahkan foto copy kartu identitas
b. Mengisi form pengaduan
c. Memberikan informasi kronologi adanya bayi / Anak terlantar

8. KEWAJIBAN PENYEDIA LAYANAN
a. Memberikan informasi tentang penanganan Bayi / Anak terlantar sesuai dengan prosedur pelayanan
b. Memberikan pelayanan sesuai protap
c. Menegur pengguna layanan yang tidak sesuai dengan ketentuan pelayanan

9. HAK PENYEDIA LAYANAN
a. Membuat peraturan yang berlaku, sesuai etika dan standar profesi
b. Memperoleh perlindungan hokum dalam melaksanakan tugas sesuai prosedurnya

DINSOS P3AP2KB KOTA MALANG