BKBPM laksankan Bimtek pengisian Sistem Informasi Prodeskel

DSC_0123Rabu, 15/10/14 Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada tiga puluh tiga mahasiswa magang riset dari Fakultas Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan bimtek dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman serta skill kepada mahasiswa agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Kegiatan Bimtek ini merupakan bentuk pembekalan yang dilakukan oleh BKBPM untuk mahasiswa yang melaksanakan magang riset.

Magang riset terselenggara berkat kerja sama yang dilakukan oleh jurusan Ilmu Pemerintahan UMM dengan BKBPM Kota Malang. Magang riset bertujuan untuk memberikan pengalaman berpraktik di dunia kerja khususnya instansi pemerintahan. Mahaasiswa juga dituntut untuk melakukan riset ditempat mereka magang, sehingga tidak hanya pengalaman dunia kerja yang didapat melainkan juga meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan riset.

Acara dlakukan di aula kantor BKBPM dipandu oleh Heru Mulyanto selaku kasubbid Penguatan Kelembagaan Masyarakat dan Eko Wahyu Widodo dari BKBPM Kota Malang. Dimulai pukul 13.00 wib kegiatan bimtek berlangsung dengan lancar. Mahasiswa terlihat bersemangat dan antusias dalam megikuti kegiatan Bimtek. Mengingat pentingnya materi yang disampaikan Heru Mulyanto memberikan pesan kepada mahasiswa untuk selalu teliti dalam mengerjakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Dalam pemaparan materinya Eko Wahyu Widodo menyampaikan Melalui Data Profil Kelurahan yang terdiri dari Potensi kelurahan, tingkat perkembangan kelurahan dan Data Dasar Keluarga, kita dapat mengetahui dan melakukan analisa pada banyak hal. Mulai dari tingkat kesejahteraan penduduk, tingkat kesehatan, pendidikan sampai pada permasalahan apa saja yang dihadapi oleh masyarakat. Selain itu kita juga bisa menganalisa sejauh mana korelasi antara beberapa variabel yang ada dalam data profil, misalnya korelasi antara tingkat pendidikan dengan pendidikan, ini semua bisa dianalisa secara tepat bila semua data dalam sistem informasi profil desa/kelurahan terisi secara baik dan benar.

Salah seorang peserta Bimtek, Fery Firdaus mengatakan “pelatihan pengisian prodeskel ini merupakan hal yang baru bagi saya, jadi dengan diadakannnya pelatihan ini bisa memudahkan kami dalam melaksanakan tugas magang riset”. Kegiatan Bimtek dimulai dengan pengarahan dan penjelasan mengenai sistem informasi prodeskel oleh pemateri. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pengisian data profil desa kedalam sistem informasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel).

Mahasiswa yang ditempatkan dikelurahan dapat langsung turun ke kelurahan masing-masing untuk mendapatkan data profil kelurahan khususnya terkait Data Dasar Keluarga (DDK) yang merupakan Data profil darimasing-masing keluarga yang ada di kelurahan. Data tersebut dapat langsung dimasukkan ke dalam sistem informasi prodeskel. Diakhir kegiatan Heru Mulyono mengatakan “mahasiswa harus dapat bersikap profesional dalam melaksanakan tugas yang diserahkan kepadanya”.DSC_0118

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.