Site icon DINSOS P3AP2KB KOTA MALANG

REHABILITASI SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR

REHABILITASI SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR

1. SYARAT UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN
a. Adanya Lanjut Usia terlantar yang potensial dan tidak potensial
b. Foto copy Identitas pelapor
c. Pengisian form pengaduan
d. Survey lanjut usia yang dilaporkan terlantar

2. JAM BUKA PELAYANAN
a. Senin s.d Kamis : 08.00 wib s.d 16.00 wib
b. Jumat : 07.30 wib s.d 15.00 wib
Istirahat sholat Jum’at : 11.30 wib s.d 13.00 wib

3. DURASI WAKTU PENYELESAIAN PELAYANAN
a. Pelayanan di loket : maksimal 10 menit
b. Pelayanan di petugas identifikasi : maksimal 15 menit

4. BIAYA / TARIF PELAYANAN
Tidak ada biaya / GRATIS

5. ALUR PENANGANAN PEMULANGAN ORANG TERLANTAR
a. Warga masyarakat selaku pelapor datang ke loket pengaduan
b. Penyerahan kartu identitas pelapor dan surat keterangan adanya lanjut usia terlantar
c. Pengisian form pengaduan
d. Petugas dari Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang melakukan survey
e. Rujukan lanjut usia terlantar :
 lanjut usia TIDAK POTENSIAL :
dirujuk ke fasilitas kesehatan ( RSSA.RST,Puskesmas yang ada pelayanan rawat inap )
 lanjut usia POTENSIAL :
dirujuk ke Pondok Lansia milik Dinsos P3AP2KB. Kota Malang ( sifat tidak permanen ) atau dirujuk ke Panti Sosial Tresna Werdha milik Dinsos. Prov.Jatim. ( sesuai daftar tunggu jika kapasitas tampung penuh )
f. Surat permohonan pelayanan sosial lanjutan bagi lanjut usia terlantar Panti Sosial Tresna Werdha milik Dinsos. Prov. Jatim dari Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang ke Panti Sosial Tresna Werdha milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur ( Blitar, Pandaan, Jombang, Banyuwangi )
g. Evakuasi lanjut usia terlantar oleh petugas dari Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang

6. HAK PENGGUNA PELAYANAN
a. Penerimaan oleh petugas sesuai prosedur sebagai pelapor
b. Mendapatkan informasi tentang tugas dan fungsi Dinas Sosial dalam penanganan lanjut usia terlantar
c. Mendapatkan pelayanan tentang tindak lanjut / penanganan lanjut usia terlantar
d. Mendapatkan kepastian informasi bahwa lanjut usia terlantar yang dilaporkan akan terjamin kesejahteraannya.

7. KEWAJIBAN PENGGUNA LAYANAN
a. Menyerahkan foto copy kartu identitas
b. Mengisi form pengaduan
c. Memberikan informasi kronologi adanya lanjut usia terlantar

8. KEWAJIBAN PENYEDIA LAYANAN
a. Memberikan informasi tentang penanganan lanjut usia terlantar sesuai dengan prosedur pelayanan
b. Memberikan pelayanan sesuai protap
c. Menegur pengguna layanan yang tidak sesuai dengan ketentuan pelayanan

9. HAK PENYEDIA LAYANAN
a. Membuat peraturan yang berlaku, sesuai etika dan standar profesi
b. Memperoleh perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai prosedurnya

Exit mobile version